Aturan-Aturan pada Iklan Facebook yang Harus Anda Lakukan Agar Tidak Ditolak

0

Iklan Facebook memang menjadi salah satu cara yang sering digunakan para pebisnis, khususnya bisnis online, untuk mempromosikan produknya. Sebagai tempat promosi, tentu saja ada beberapa aturan yang ditetapkan oleh pihak Facebook untuk menjamin kualitas iklan yang ditampilkan pada media ini. Tidak hanya aturan untuk penyertaan gambar, namun juga teks yang ada dalam gambar tersebut. Pengiklan yang tidak memenuhi aturan tersebut, sudah pasti akan ditolak permintaan iklannya. Oleh karena itu, sebelum Anda ikut andil memasang iklan di Facebook, pahami aturan-aturan tersebut. Mau tahu apa saja aturan-aturan tersebut? Simak uraian berikut hingga tuntas.

# Aturan Penyertaan Gambar

Iklan produk tentu tidak afdhol jika tidak disertai gambar. Bahkan, bisa dibilang, gambar merupakan hal paling penting dalam bisnis online, mengingat transaksi yang terjadi tidak mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung. Dengan demikian, penyertaan gambar menjadi jembatan agar konsumen mengetahui lebih detail tentang produk yang akan dibelinya. Nah, untuk menjamin kualitas sekaligus kenyamanan konsumen dalam melihat gambar yang dipajang tersebut, berikut ini beberapa aturan yang ditetapkan managemen Facebook bagi pebisnis:

  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung unsur sara, politik, atau hal sensitif lainnya.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung hal yang membuat orang ngeri, takut, mengejutkan, atau hal lain yang dapat meninggalkan trauma tersendiri bagi pembacanya.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh menunjukkan seksualitas seseorang, seperti gambar yang mengarah pada telanjang, menunjukkan belahan dada atau bagian tubuh sensitif lainnya, serta menonjolkan kulit secara berlebihan.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh menggunakan gambar milik Facebook, seperti logo, icon, maupun notifikasi, kecuali sudah mendapat ijin.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung kode QR.
  • Gambar yang diperuntukkan usia di bawah 18 tahun harus disesuaikan dengan usia tersebut.
  • Gambar yang digunakan tidak boleh mengandung sesuatu yang tidak berfungsi, seperti tombol menjadi tidak bisa diklik, gambar video, dan sebagainya.

# Aturan Teks dalam Gambar

Tidak hanya gambar, tulisan yang terdapat dalam gambar pun diberikan aturan tersendiri. Hal ini untuk menjamin kenyamanan konsumen saat membacanya. Berikut ini beberapa aturan yang diberikan Facebook terkait teks dalam gambar:

  • Gambar tidak boleh mengandung informasi tentang harga atau sistem pembayaran, misal “Diskon 50%” atau “Kunjungi herbalalami.com”.
  • Gambar tidak boleh menyertakan informasi tentang kontak person, baik alamat website, nomor telepon, email, dan sebagainya.
  • Gambar tidak boleh mengandung ajakan, misal “Download di Sini”, “Share”, dan sebagainya.
  • Gambar tidak boleh mengandung ajakan untuk segera melakukan apa yang diinginkan pengiklan, misal “Beli Sekarang Juga” atau “Download Now, dan sebagainya.

Untuk masalah gambar ini, memang sedikit rumit. Akan lebih aman jika gambar yang Anda gunakan tidak mengandung teks. Dengan begitu, aturan teks ini tidak berlaku dan tidak akan menjadi penghalang promosi Anda. Hanya sebagai tips saja, jika memang Anda ingin beriklan menggunakan gambar, gunakan gambar yang tajam dan orisinil daripada gambar hasil editan atau gambar full teks. Gambar yang orisinal dan tajam justru akan memberikan rasa emosional yang tinggi bagi pembacanya.

Nah, sebagai seorang pebisnis, Anda tentu tidak ingin iklan yang sudah Anda siapkan jauh-jauh hari ditolak oleh Facebook, bukan? Oleh karena itu, agar iklan Anda lolos seperti di jalan tol, patuhi semua aturan iklan Facebook di atas.

Leave a Reply